Minggu, 25 Agustus 2013

Solusi Batre Smartphone

Masalah utama hardware smartphone adalah batre yang boros. Sekalipun smartphone anda harganya 5 juta keatas atas smartphone kelas premium masalah batre yang boros pasti akan menghantui anda. Produsen smartphone sampai saat ini belum menemukan teknologi yang benar-benar bisa membuat batre awet atau nyaman bagi konsumen. Saya disini gak akan membahas bagaimana agar batre smartphone android, iphone, windowsphone atau blackberry anda bisa awet berhari-hari tanpa charging karena sesuai logika sistem yang komplek dari smartphone membutuhkan konsumsi daya yang tinggi, saya hanya akan membahas bagaimana untuk merubah cara kita memperlakukan batre smartphone agar pemakaiannya bisa semaksimal mungkin. Berikut ini adalah trik bagaimana memperlakukan/merawat batre smartphone:
√ batre dan charger harus original ; untuk mendapatkan batre dan charger original datanglah ke service center brand produk smartphone anda, hindari membeli batre di konter hp karena barang yang benar-benar asli/original hanya di jual di service center. Jika anda mencari batre original di konter hp, si penjaga konter akan bilang ada barang ori yang padahal itu hanya ori china alias kw. Batre dan charger di service center tidak lah mahal contohnya batre samsung galaxy berada di kisaran 140-200 ribu dan charger di kisaran 80 ribu.
√ Charge batre anda dengan santun. Charge batre smartphone anda ketika indikator batre sudah lemah 10-20%. Dan cabutlah batre ketika batre sudah penuh 80-100%. Charging original di lengkapi ic khusus yg ketika batre mengindikasikan charging 80% maka ia akan charging secara berlahan-lahan sampai 100%.
√ Hindari penggunaan power bank selain yang di keluarkan oleh brand smartphone anda misal smartphone anda adalah samsung maka power bank nya juga harus samsung,perlu di ketahui beda power bank atau charger asupan dayanya akan berbeda dan tidak maksimal.
√ Setting penggunaan data/internet hanya ketika layar menyala/on karena data internet adalah penyumbang terbesar pemakaian batre, beberapa produsen smartphone sudah include pengaturan agar internet hanya menyala ketika layar smartphone anda menyala. Jika di setting smartphone anda tidak menemukan pengaturan tersebut maka anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga di market aplikasi masing-masing OS ( itones store/playstore/windows store) pergunakan kata kunci auto data off dan lain-lain.
√ Atur ketajaman layar smartphone anda seminimal mungkin sampai mata anda nyaman untuk melihat dan menggunakan smartphone anda, jika perlu matikan ketajaman layar otomatis dan aturlah waktu siaga layar anda ke angka se rendah mungkin.
√ Pastikan anda mengaktifkan Saving mode yang telah terintegrasi pada perangkat anda karena hal itu akan berguna untuk mengatur penghematan secara sistem oleh OS masing² misal pemakaian cpu,kernel dan sebagainya.
√ Jika anda tidak menggunakan koneksi data internet sebaiknya atur jaringan operator anda ke GSM only dan jika bar sinyal 3G atau HSDPA lemah maka pilih jaringan GSM only.
√ matikan fitur wireless wi-fi dan bloutooth/nfc jika tidak di gunakan.
√ Hindari penggunaan batre atau menyimpan batre di suhu yang panas.

Sekian trik penggunaan dan pemeliharaan batre smartphone, trik di atas di ambil dari berbagai sumber dan telah saya praktekan dan masih saya lakukan sampai sekarang dan hasilnya luar biasa, batre smartphone bisa di gunakan semaksimal mungkin tanpa harus ribet bawa charger dan cari sumber listrik. Pemeliharaan dan penggunaan yang tepat dari batre smartphone akan menghasilkan yang terbaik juga buat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar