Kamis, 26 April 2012

Pengalaman Internetan Menggunakan Tri Dan Xl

Hari gini hidup tanpa internet, gelap amat hidup lho! Terkoneksi ke jaringan adalah hal yang wajib bagi aku, so aku bisa ngapain aja, browsing berita terbaru, terhubung dengan jejaring sosial, blogging, streaming dan banyak lagi, so aku tiap bulan mesti menyisihkan uang untuk beli pulsa untuk bisa paket internet bulanan, meskipun aku internetan menggunakan handphone ala kadarnya, boro-boro pakai laptop, komputer jadul aja gak punya. Di karenakan aku tinggal di kota pinggiran yaitu di ciamis untuk mendapatkan kecepatan internet yang maksimum susah banget. Di kota ciamis operator gsm yang telah membuka akses 3G dan HSDPA baru ada 3 yaitu Telkomsel, xl dan tri. Operator pertama yang pernah aku gunakan untuk internetan via handphone yaitu xl axiata, waktu masih ada paket internet unlimited aku ngambil yang 49 ribu/bulan dengan kuota 5 ratus MB dan jika kuata habis kecepatannya biasanya di turunkan ke 128 kb/s. Aku aku kecepatan xl kenceng banget kalau download mp3 dari 4shared speednya bisa nyampe 200 kb/s dan rata-ratanya di angka 180 kb/s. Cuman xl lemah di jaringan, sinyal 3G nya cuman di kota doang kalau di bawa ke kampung sinyal 3G nya ngilang entah kemana dan kalau ngandelin gprs sama edge mah lemotnya kayak tupai belajar jalan. Cuman sayang paket internet unlimited xl gak lama dan sekarang di ganti sama hotrod 3G+ yaitu kuota bulanan nya 500 mb speed up to 2 MB/S harganya 25.000 beberapa waktu berjalan dan sekarang jadi tambah mahal menjadi kuota 500 MB harganya 49 ribu dan jika Quota habis maka berlaku tarif normal yaitu 1/kb. Aku sebenarnya nyaman banget internetan pakai xl cuman tarifnya sekarang jadi mahal maka dengan berat hati aku pindah opertor dech. Operator ke 2 yang aku pakai internetan dan masih aku gunakan nyampe sekarang yaitu operator tri, aku menggunakan paket bulanan unlimited yang 500 MB harganya lumayan miring yaitu rp 35.000 dan alhamdulillah sinyal tri di ciamis kota 3G dan HSDPA nya lumayan kuat, untuk masalah kecepatan gak kalah cepat sama xl cuman masalahnya yaitu jika quota dah habis speednya lemot banget dan juga masih banyak daerah di ciamis yang belum terjangkau sinyal tri contohnya di cimerak tri pasih blank spot. Untuk sekarang ini aku have fun aja pakai tri internet..mudah-mudahan ke depannya tarif internet di indonesia semakin murah dan jaringan 3g nya di perluas. Berikut ini saran aku ketika akan memilih paket internet:
1. Pastikan jaringan 3g, Hsdpa, umts, evdo ada di tempat anda, hal itu bisa di lihat di indikator sinyal di modem, hp dan gadget.
2. Carilah operator yang menawarkan paket internet unlimited, dengan menggunakan paket unlimited anda akan masih terkoneksi ke internet meskipun quota sudah habis.
3. Ganti dns pada setting internet dengan dns google/open dns.
4. Pergunakanlah Quota internet anda dengan bijak, hindari penggunaan game online dan streaming yang berlebihan karena ke dua aktifitas diatas memakan bandwidth besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar